Cara membersihkan Kipas Pendingin Laptop /Notebook




Alat yang digunakan: Senter, Kompresor udara tekanan rendah, Kain Lap microfiber, obeng set kecil.

Langkah 1:

Seperti komponen elektronika lainnya, Komponen Laptop/notebook seperti prosesor, kartu grafis akan menghasilkan panas saat digunakan. Untuk mengatasinya biasanya manufacturer memasang kipas khusus untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan oleh komponen tersebut. Minimal terdapat satu unit kipas terpasang pada laptop/notebook.Seiring usia pemakaian dan lingkungan kerja laptop/notebook yang bervariasi, maka debu atau kotoran dapat terakumulasi dan mengendap pada lapisan dalam laptop/notebook. Pada akhirnya endapan debu/kotoran ini dapat menghambat fungsi kerja kipas ataupun menghalangi alur pembuangan udara panas keluar laptop/notebook.Dalam kondisi seperti ini, hal pertama yang kita rasakan adalah notebook mengeluarkan suara yang keras dan udara yang keluar dari sistem/saluran ventilasi menjadi panas diluar kewajaran. Pada kondisi ekstrem hal seperti ini dapat menyebabkan laptop/notebook kita menjadi hang.Jika ini yang terjadi pada laptop/notebook kita, jangan terburu – buru membawanya ke service center. Anda dapat memperbaikinya sendiri yaitu dengan membersihkan kipas pendingin/saluran ventilasi laptop/notebook anda.Berikut langkah – langkah yang bisa dilakukan:Pastikan Laptop/Notebook anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber listrik.Kemudian kita harus mencari lokasi tempat kipas pendingin. Secara fisik kita dapat melihat langsung pada sisi bawah laptop/notebook. Biasanya posisi kipas berada dekat dengan saluran ventilasi udara di sisi luar notebook. Balikkan laptop/notebook anda dan lepaskan baterainya.Setelah anda temukan, anda dapat membuka panel penutup yang ada disekitar saluran ventilasi tersebut dengan menggunakan obeng. Lepaskan panel penutup tersebut dengan hati – hati karena setiap produsen membuat mekanisme penempatan panel yang berbeda – beda. (misalnya anda harus menggeser panel penutup terlebih dahulu untuk melepaskan panel tersebut)Setelah terbuka anda dapat melihat kipas kecil biasanya berbentuk lingkaran menyerupai baling –baling dari bahan plastic yang mungkin dalam keadaan kotor.

Langkah 2:

Lihat keadaan sekitar kipas anda, gunakan senter untuk melihat lebih jelas, ambillah sampah/kotoran yang mungkin ada disekitarnya. (anda mungkin terkejut bagaimana sampah/kotoran tersebut bisa ada disitu) kemudian kita mulai membersihkan debu yang menempel pada bagian yang sulit terjangkau dengan menyemprotkan udara menggunakan kompresor udara tekanan rendah. Pasang masker anda dan semprotkan keseluruh bagian yang berdebu dan ke arah saluran ventilasi. Setelah selesai cobalah untuk menggoyangkan laptop/notebook anda sedikit agar debu dan kotoran yang membandel terlepas dan kemudian lanjutkan penyemprotan udara tersebut dan akhirnya gunakan lap untuk membersihkan komponen.Setelah selesai membersihkan notebook. Anda dapat memasang kembali panel penutup dan pastikan anda memasang sekrupnya dengan benar dan kuat. Pastikan saat memasang sekrup anda tidak memasang terlalu kencang, cukup kencangkan sampai anda merasakan adanya resistant. Setelah selesai pasang kembali baterainya.Sekarang cobalah anda menghidupkan notebook anda, seharusnya notebook anda kembali normal, tidak ada suara bising dan udara panas yang berlebihan.Lakukanlah proses ini secara teratur atau jika gejalanya mulai timbul kembali. Insyaallah laptop/notebook anda akan dapat berfungsi efektif dalam jangka waktu yang lama.                                          

   Semoga Bermanfaat


Share:

Postingan Populer

Recent Posts

Unordered List

  • .
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.